Rabu, 01 April 2009

Cara Mounting Flash Disk di Linux Lewat Konsole


Cara Mounting Flash Disk di Linux Lewat Konsole
Banyak cara supaya flashdisk dapat terbaca ketika kita masukan ke computer, tapi sayangnya pada sebagian versi Linux lawas ini masih jadi kendala. Atau permasalahannya ketika kita meninstal Linux dengan minimal requirement (tanpa mode grapich). Contohnya pada Versi Red Hat 4 Enterprise. Ini adalah cara – cara yang bisa di ikuti.

1. Setelah Flash Disk tercolok, hehee bahasanya ^ ^. Pada console ketiklah "fdisk" yaa untuk sekedar mengetahui ,media storage yang ada pada Linux.
2. Ketikan "dmseg | grep sd untuk mendeteksi semua Drive yang ada.
3. Lalu Flash Disk akan terdeteksi pada console, misalnya /dev/sdb1 (pada fedora)/dev/hda1
(pada RedHat). Untuk mengaktifkan flashdish tersebut ketikan
mount /dev/sdb1 /mnt maka flashdisk akan terbaca, ketiklah
ls /mnt untuk melihat isi dari flashdisk.
4. Untuk melihat isi flash disk secara komplex ketikan du /mnt. Untuk membuka file didalamnya bisa menggunakan perintah vi /mnt/nama file atau cat /mnt/nama file
5. Jika ingin menonaktifkan flashdisk kembali ketikan umount /dev/sdb1 tetapi masih melekat pada usb device, jika ingin mengaktifkan kembali ketikan mount /dev/sdb1 /mnt
6. Jika ingin mengeluarkan flashdisk dari usb device ketikan eject /dev/sdb1
Semangat yoo untuk belajar Linux ok yang punya ilmu juga harus bagi2.. thank’s to Nandar …! yang udah pernah posting ini.
Irfan Irawan
Irfan Irawan

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar