DOMAIN CONTROLER DAN SHARING FOLDER - Al-Muhibbin Indonesia

Al-Muhibbin Indonesia

Berbagi ilmu melalui catatan kuliah, catatan kerja dan Kajian Islam Ahlussunah Waljamaah.

Breaking

Rabu, 17 Juni 2009

DOMAIN CONTROLER DAN SHARING FOLDER


-->
DOMAIN CONTROLER DAN SHARING FOLDER
Domain controller sendiri artinya adalah komponen fisik dari active directory dan ini digunakan untuk mengontrol and mengatur domain di dalam sebuah organisasi yang terhimpun manjadi Forest.
Jadi intinya kita pengen ngebuat sebuah rule tertentu yang dilakukan kepada user tertentu yang kita daftarkan dalam domain user account, yang kemudian dia sendiri akan mengatur apa yang telah diseting oleh administrator di windows 2003 server dalam hal ini kaitannya si user tadi sebagai client.

Sehingga domain yang kita buat terrstrujtur dengan baik dalam pengelolaan tertentu yang ada di computer client. Dan berikut ini cara membuatnya.

1. Buatlah user yang akan dijadikan klien di windows 2003 server
2. Lalu selanjutnya agar domain controller dalam cakupan local bisa berjalan dengan baik [karena kita tak terkoneksi secara fisik dengan jaringan] maka buka di administrative tools > domain controller security policy
3. Selanjutnya ikuti seperti yang Nampak pada layar, klik local policy > user right assignment > allow logon locally
4. Nah disinilah tambahkan user yang kita buat tadi, kilik OK kalo udah. System perlu di restart untuk melihat hasilnya.
5. Selanjutnya yang perlu diseting adalah di computer client, buka control panel > system > pilih tab computer name > change
6. Nah disinilah kita masukan DNS kita yang di windows 2003 server, misal judira.net.id, klik OK dan abaikan comment OK saja.
SELANJUTNYA ADALAH MASALAH SHARING FOLDER
Pada intinya sama seperti apa yang kita lakukan di Windows XP, missal kita buat folder di Windows 2003 server yang letaknya di C. dan disinilah kita akan seting folder permission – nya, siapa yang berhak dan mengakses apa.
1. Klik kanan pada folder yang pengen kita sharing, pilih sharing and security,
2. Di tab sharing kita pilih share this folder, dan tekan tab permission
3. Kita add user yang dimaksud dengan hak akses tertentu pada folder ini, missal yang seperti Nampak pada gambar adalah useradm [punya hak penuh], usermark [haknya Cuma liat doang] klik ok saja.
4. Kalo udah selesai kita test saja, dan masuk ke komputer client dan masuk pada account usermark, click di run masuk ke alamat server, \\10.11.3.77 dan beginilah hasilnya, folder ga bisa diakses
5. Masuk juga ke komputer client dan masuk pada account userdadm, click di run masuk ke alamat server, \\10.11.3.77 dan beginilah hasilnya, folder bisa diakses



Tidak ada komentar:

Posting Komentar