HUKUM PARFUM MINYAK WANGI YANG DICAMPUR ALKOHOL - Al-Muhibbin Indonesia

Al-Muhibbin Indonesia

Berbagi ilmu melalui catatan kuliah, catatan kerja dan Kajian Islam Ahlussunah Waljamaah.

Breaking

Minggu, 29 Agustus 2010

HUKUM PARFUM MINYAK WANGI YANG DICAMPUR ALKOHOL

HUKUM PARFUM MINYAK WANGI YANG DICAMPUR ALKOHOL


Alkohol itu termasuk benda yang menjadi perselisihan hukumnya di antara para ulama.

Dikatakan bahwa alkohol itu najis, sebab memabukan. Dan juga dikatakan bahwa alkohol itu tidak najis, sebab tidak memabukkan, bahwa mematikan seperti racun. Dalam Muktamar para ulama berpendapat najis hukumnya, karena alkohol itu menjadi arak. Adapun minyak wangi yang dicampuri alkohol itu, kalau campurannya hanya sekedar menjaga kebaikannya, maka dimaafkan. Begitu pun halnya obat-obatan.


Keterangan, dalam kitab Raddul Fudhul, kitab al-Mabahitsa al-Wafiyyah dan kitab al-Fiqih ‘ala Madzhabi al-Arba’ah :

Pengertian alkohol sebagaimana yang kami dapatkan dari pernyataan orang yang mengetahui hakekatnya serta yang kami lihat dari peralatan industri pembuatannya adalah, merupakan suatu unsur yang dapat menguap yang terdapat dalam minuman yang memabukan. Keberadaannya akan mengakibatkan mabuk. Alkohol ini juga terdapat pada selain minuman, seperti pada rendaman air bunga dan buah-buahan yang dibuat untuk wewangian  dan lainnya, sebagaimana juga terdapat pada kayu-kayuan yang diproses dengan mempergunakan peralatan khusus dari logam. Dan yang terakhir ini merupakan alkohol dengan kadar paling rendah, sedangkan yang terdapat pada perasan anggur merupakan alkohol dengan kadar tertinggi.


Termasuk najis yang dima’fu (ditoleransi) adalah, cairan-cairan najis yang dicampurkan  untuk komposisi obat-obatan dan parfum. Cairan tersebut bisa ditoleransi dengan kadar  yang memang diperlukan untuk komposisi yang seharusnya.


Ditulis oleh : Drs.K.H.A. Aziz Masthuro, Wakil Direktur Perguruan Islam Al-Masthuriyah, Kepala Pondok Pesantren Al-Masthuriyah, Tipar Cisaat Sukabumi

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya admin, share informasinya
    salam kenal
    kami dari parfum murah
    punya beberapa produk parfum kalau anda berminat
    parfum original | jual parfum fm |parfum wanita

    BalasHapus