SUNNAHNYA BERSALAMAN - Al-Muhibbin Indonesia

Al-Muhibbin Indonesia

Berbagi ilmu melalui catatan kuliah, catatan kerja dan Kajian Islam Ahlussunah Waljamaah.

Breaking

Minggu, 29 Agustus 2010

SUNNAHNYA BERSALAMAN

SUNNAHNYA BERSALAMAN


Bab Tentang Sunnahnya Berjabat tangan, Bermuka manis, Mencium tangan para shalihin, Mencium anaknya karena rasa sayang, Merangkul orang yang baru datang dari bepergian….

1. Dari Abul Khattab Qatadah berkata: “Saya bertanya kepada Anas ra : “Apakah para sahabat Rasulullah saw itu biasa berjabatan tangan?” Ia menjawab “ “Ya”. (HR Bukhari)

2. Dari Anas ra berkata : Ketika orang-orang dari negeri Yaman datang, Rasulullah saw bersabda: “Orang-orang dari Yaman telah datang, dan mereka itulah orang yang pertama kali datang dengan berjabatan tangan”. (HR Abu Daud)


3. Dari Al Barra` ra berkata, Rasulullah saw bersabda : “Dua orang islam yang bertemu lalu berjabatan tangan maka dosa kedua orang tersebut diampuni sebelum kedua berpisah.” HR Abu Daud)

4. Dari Aisyah ra berkata : “Zaid bin Haritsah datang ke Madinah dan Rasulullah saw sedang berada di rumahku, kemudian ia datang dan mengetuk pintu, lantas Nabi saw bangkit dengan menarik kainnya, serta memeluk dan menciumnya.” (HR Turmudzi)

5. Dari Abu Dzarr ra berkata : “Rasulullah saw bersabda kepada saya: “janganlah sekali-kali kamu meremehkan sesuatu kebaikan, walaupun hanya dengan muka manis bila kamu bertemu saudaramu”. (HR Muslim)

6. Dari Abu Hurairah ra berkata : “Nabi saw mencium Al Hasan bin `ali ra, kemudian Al Aqra` bin Harits berkata :”Saya mempunyai sepuluh anak, tetapi saya tidak pernah mencium seorangpun diantara mereka”. Maka Nabi saw bersabda : “Barang siapa tidak mempunyai rasa kasih sayang maka tidak akan di kasih sayangi”. (HR Bukhari dan Muslim)

Sumber http://www.facebook.com/note.php?note_id=153559512163&id=1817162252&ref=share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar