Minggu, 09 Oktober 2011

Sanad & Berdakwah - Habibana Munzir Menjawab


jozer 

 
sanad&berdakwah 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Habib Munzir Al Musawa

Pertama saya mohon maaf, dengan hormat saya hendak belajar kepada Habib walau sementara baru sebatas lewat internet.
1. Mohon izin belajar kepada Habib yang bersanad keguruan sampai kepada Nabi Muhammad SAW
2. Mohon ijazah untuk pengamalan amalan ahluh sunah wal jamaah
3. Bagaimana firasat/nasehat Habib tentang amalan saya
4. Bagaimana langkah untuk berdakwah terhadap saudara-saudara saya yang masih awam akan ilmu agama Islamnya, sampai ada aliran pemahaman yang menyebutkan (mohon maaf) nama Nabi Muhammad SAW adalah Thoha seperti yang ada nama surat di AlQuran, bagaimana cara menyadarkannya?

Sekian Guruku, Terima Kasih





Hb. munzir 

 
Re:sanad&berdakwah |

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan

1. Saudaraku tercinta, saya belum pantas menjadi murid yg baik, bagaimana saya menjadi guru, kita bersaudara dan saling menasihati karena Allah, namun sanad keguruan anda telah berpadu dg sanad keguruan saya hingga kepada Rasul saw.

2. Saya Ijazahkan pada anda sanad keguruan saya kepada anda, yg bersambung sanadnya kepada Guru Mulia kita, hingga Rasulullah saw, ia adalah bagai rantai emas terkuat yg tak bisa diputus dunia dan akhirat, jika bergerak satu mata rantai maka bergerak seluruh mata rantai hingga ujungnya, yaitu Rasulullah saw, semoga Allah swt selalu menguatkan kita dalam keluhuran dunia dan akhirat bersama guru guru kita hingga Rasul saw.

Saya ijazahkan seluruh dzikir salafusshalih, semua doa Rijaalussanad dan semua doa dan dzikir dari seluruh para wali dan shalihin, munajat dan dzikir para Ahlusshiddiqiyyatul Kubra, kepada anda, Ijazah sempurna yg saya terima dari Guru Mulia kita Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin hafidh yg sanadnya muttashil (bersambung) pada segenap para ulama, muhaddits, para wali dan shalihin. Ijazah ini mencakup seluruh surat dalam Alqur’an, wirid, dzikir, amalan sunnah, dan doa Nabi Muhammad saw dan doa para Nabi dan Doa seluruh Ummat Muhammad saw, dan seluruh Hamba Allah yg shalih. semoga anda selalu dalam kemuliaan Dzikir dan Cahya Munajat mereka. Amiin

Saya Ijazahkan kepada anda sanad Alqur'anulkarim dalam tujuh Qira'ah, seluruh sanad hadits riwayat Imamussab'ah, seluruh sanad hadist riwayat Muhadditsin lainnya, seluruh fatwa dan kitab syariah dari empat Madzhab yaitu Syafii, Maliki, Hambali dan Hanafi, dan seluruh cabang ilmu islam, yg semua itu saya terima sanad ijazahnya dari Guru Mulia Al Allamah Al Musnid Alhabib Umar bin Hafidh, yg bersambung sanadnya kepada guru guru dan Imam Imam pada Madzhab Syafii dan lainnya, dan berakhir pada Rasulullah saw.

3. Saran saya teruslah berusaha menyempurnakan hal yg wajib dan menjauhi yg haram, dan teruslah jenjang hal hal yg sunnah yg mudah mudah namun didawamkan, karena ketika Sayidatuna Aisyah ra ditanya tentang amal yg paling dicintai Nabi saw, ia menjawab amal yg paling dicintai nabi saw adalah yg didawamkan walau sedikit.

Maka ambillah amalan sunnah yg mudah, tapi usahakan jangan ditinggalkan, misalnya, sekedar misal, bagi anda dg sikon anda mudah menjalankan shalat witir 3 rakaat setelah shalat isya, kalau tidur dulu maka sering lewat dan agak berat, maka dawamkanlah witir setelah shala isya itu, jika sampai terlewatkan karena lupa, sibuk dll, qadha lah diwaktu lain, karena meng qadha amal yg sunnah diperbolehkan dalam seluruh madzhab.

Dan banyak sunnah sunnah lain yg mungkin lebih mudah bagi sikon anda, maka ambillah dan pegang teguhlah, setelah mapan baru mengambil sunnah sunnah lainnya sampai mapan dan teguh, lalu teruslah menaiki tangga tangga keluhuran dalam hari hari anda.

4. Mengenai nama Thahaa, adalah salah satu nama Nabi saw, demikian pula Yaasiin, demikian pula Al Muddatsir, demikian pula Al Muzammil, dan banyak lagi, sebagian ulama menghitungnya melebihi seratus nama.

Mengenai berdakwah dg kaum awam, semakin mereka awam, semakin mudah tersentuh perasaannya dg kelembutan, makin mudah menyadarkannya dg kasih sayang, hadiah, wajah berseri, penghormatan, keramahan, hati yg paling keras seperti kuffar qureisy pun luntur dibentur dg budi pekerti indah Rasulullah saw, karena mereka hidup dikalangan orang orang yg tidak beradab, maka mereka akan takjub dan aneh melihat ada yg berbicara sopan dan indah padanya, ada yg menghormatinya dan berbudi luhur, 

Maka anda awalnya akan menjadi tempat rujukan curhat mereka, terimalah, dengarlah, dan teruslah jadikan diri anda sebagai rujukan penyelesai masalah mereka, lalu mulailah ajarkan ketenangan orang yg shalat, keindahan sorga setelah kematian dst.

Bawa hati mereka pada ketenangan, metode ini sangat jitu, karena mulai masyarakat termiskin hingga terkaya, mulai masyarakat jelata hingga pejabat tertinggi, kesemuanya butuh ketenangan, jika anda memilikinya, maka anda akan dijadikan rujukan oleh mereka, maka dakwah sang Nabi saw pun mengalir maju dg pesatnya, cahaya hidayah mengalir dari Allah swt lewat ucapan dan perbuatan anda tanpa anda sangka sangka.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Irfan Irawan
Irfan Irawan

I have graduated from NIIT-Telkom Center then continuing with Degree of Telkom Polytechnic Bandung, while working i've graduated from ISTN Jakarta. I Like of writing, researching something new and also documenting knowledge i've learned during work on multinational company. Absolutely, all of this must be shared to another ~the life means to reach the high end~ This is the meaning of my Moslem name "Irfan"