Perancangan DRC (Disaster Recovery Sistem) Call Center


PROPOSAL RANCANGAN SISTEM DRC (DISASTER RECOVERY CENTER) CALL CENTER 
Tugas Mata Kuliah Desain Sistem Telekomunikasi
(Aulya Rahman :11221708 dan Irfan Irawan : 11221718)

BAB I PENDAHULUAN
Disaster Recovery Center (DRC) adalah fasilitas pengganti pada saat Pusat Data (Data Center) mengalami gangguan atau tidak dapat berfungsi antara lain karena tidak adanya aliran listrik ke ruang komputer, kebakaran,ledakan atau kerusakan pada komputer, bahkan jika terjadi bencana alam yang digunakan sementara waktu selama dilakukannya pemulihan Pusat Data Bank untuk menjaga kelangsungan kegiatan usaha (business continuity).

BAB II LANDASAN TEORI
Call center merupakan salah satu bagian dalam organisasi bank yang memberikan pelayanan virtual kepada nasabah melalui media akses telepon. PABX adalah  singkatan dari Private Automatic Branch Exchange atau perubah saluran cabang otomatis tersendiri, dengan membagi-bagikan nomor tersendiri ke pihak lain dari satu line telepon yang tersedia. ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. E1 atau sirkuit E-1 (Inggris: E-carrier) adalah nama format transmisi digital dengan 30 kanal suara digital berkecepatan 2,048 Mbps. Intelligent Number dapat digunakan untuk membantu dalam pengelolaan dan distribusi panggilan berbasis IP melalui jaringan yang terintegrasi, biasanya diimplementasikan di perusahaan-perusahaan yang aktivitas telepon yang tinggi.

BAB III RANCANGAN SISTEM DRC (DISASTER RECOVERY CENTER) CALL CENTER  

Pada perancangan ini dikhususkan untuk ketersediaan layanan Call Center  yang menggunakan teknologi Intellegent Number (5500xxx) agar selalu bisa diakses pelanggan. Lokasi call center utama berada di Metro Pondok Indah  (sentral Telkom Kebayoran) sedangakan backup call center berada di Tower (sentral Telkom Semanggi). DRC sangat dibutuhkan jika suatu saat ada masalah di Pondok Indah, layanan call center akan dipindahkan secara logic ke Anz Tower, yang tentunya kapasitas daya tampung panggilannya lebih sedikit sekitar  70 persen dari primarinya. 


BAB IV PENUTUP
1.Perancangan sistem DRC sangat dibutuhkan untuk menunjang ketersediaan layanan call center, terutama untuk segemen perbankan.
2.Diperlukan kordinasi dan percobaan yang berkala untuk memastikan DRC site siap digunakan sewaktu-waktu, atau yang dikenal dengan BCP (Business Continuity Plan).

Share:

0 comments