Ring topologi Optik DWDM


Jenis proprietary jaringan ring DWDM sudah banyak diproduksi, umumnya jaringan ring DWDM terdiri dari sebuah konfigurasi ring fiber yang terhubung penuh pada node nya. Selain itu ada juga yang terdiri dari dua ring jaringan digunakan untuk proteksi jaringan (Working Protection). Ring tersebut bisa melindungi lokal atau metropolitan area tiap kilometer tertentu. Ring fiber bisa juga terdiri dari banyak kanal wavelength, dan banyak node. Bit rate per kanal wavelength sekitar 622 Mb/s atau lebih  rendah lagi, atau bisa juga 1.25 Gb/s lebih.

Salah satu nodes pada ring disebut hub station dimana semua wavelength berasal, diterminasi, dan diatur koneksinya dengan  jaringan lain dalam hub station tersebut. Setiap node dan hub mempunyai Optical Add-Drop Multiplexers (OADM) untuk menurunkan dan menambahkan satu atau lebih kanal wavelength yang dituju. Dalam jaringan ring DWDM hub station bisa berfungsi pengumpul dan penghenti  beberapa tipe trafik seperti Synchronous Transport Module (STM), IP, dan video. Hub mengatur semua kanal wavelength ditujukan kepada jalur antaea node dan tipe trafik. Saat ini, satu atau lebih frekuensi optic pada OADM dituntaskan dan ditambah asalkan disana ada sebagain besar frekuensi disalurkan secara jelas. Akan tetapi sejumlah OADM menyelaraskan subjek sinyal hilang dan penguatan optik  yang  dibutuhkan. Sejumlah node jenisnya lebih sedikit jumlah wavelength dalam fiber itu sendiri.

 
Gambar Topologi Ring DWDM

Gambar tersebut merupakan konfigurasi dasar tetapi  tidak menunjukan ring proteksi terhadap kesalahan jaringan. Pada topologi ring, hub station mengatur penempatan kanal wavelength, sehingga jaringan yang terhubung dengan node dagan OADM yang unggul. Hub juga menyediakan konektifitas dengan jaringan lain. sebagai tambahan sebuah node OADM terkoneksi dengan sebuah multiplexer/demultiplexer dimana semua sumber data dimultiplexe-kan. Jaringan topologi ring dengan sebuah hub dan dua node, A dan B, terhubung melalui wavelength (λk) seperti gambar di atas, node A memultiplex kan  beberapa sumber data.semua sumber data diterminasikan dengan node OADM yang cocok (node B), syaratnya mereka berada pada kanal dan wavelength yang sama.

Share:

0 comments