Rabu, 20 Februari 2013

Cerita dibalik Doa Khatam Al Qur’an :)


Cerita dibalik Doa Khatam Al Qur’an
Setiap pemberian dari yang terkasih pastinya mempunyai kesan, diberikanlah al Quran kecil itu di milad saya tahun 2011 lalu tepatnya tanggal 1 Desember sehari sebelum milad. Kecil bentuknya namun besar sekali maknanya, ketika seseorang memberikan hadiah berupa Quran, dan itupun pertama kali saya terima dari seseorang terspesial. Maksud hati ingin mengkhatamkan Quran tersebut di tahun 2012 di milad saya selanjutnya, perkiraan itu meleset dan dijadwalkan ketika milad zi yang tersayang (nama panggilan). Namun apa daya karena kesibukan barulah bisa dikatamkan pada malam lalu 19 Februari 2013 sehari setelah miladnya. Ada beberapa versi doa untuk khatam al Qur’an yang biasanya terlampir pada mushaf al Qur’an edisi besar. 

 


Bergetar ketika doa khotmil Quran dibacakan karena kami berbeda tempat, dengan perantara handphone dibacakan lah doa khotmil Quran tersebut selepas sholat isya, dan diaminkan oleh nya, subhanallah. Tanpa mengenyampingkan adab doa tersebut mengalir kata demi kata, kalimat demi kalimat yang dengan khusu' diaminkan. Kami pun bertawassul dengan kemuliaan al Quran semoga Allah ridho dengan usaha mendekat kepada Allah selama ini, dan dimudahkan dalam segala hal, dijauhkan dari segala kemaksiatan tersembunyi dalam hati, dari niat yang melenceng dari fitrah nya, dan semoga bisa bersatu dalam ridho - Nya dikemudian hari, dari tiada menjadi ada, dengan semangat janji Allah dalam Quran nya "Laki-laki yang baik untuk wanita yang baik,..", 
Berikut teks arabnya didapatkan dari sini.
Doa khatam al Qur'an
Doa khatam al Qur'an
Terjemah Doa Khatam Quran (diambil dari sini)
Maha benar Allah yang Maha Agung, dan Rosul Nya Nabi yang mulia dan kami bersaksi atas kebenaran hal tersebut. Ya Rabb kami, terimalah amalan kami, karena sesunggguhnya Engkau maha mendengar dan maha mengetahui.
Ya Allah anugerahkanlah kpd kami kenikmatan/kemanisan bagi tiap-tiap hurup dari Al Qur’an, dan balasan bagi tiap-tiap juz dari Al Qur’an. Ya Allah jadikanlah hurup alif sebagai kelembutan, hurup ba barokah, ta taubah, tsa pahala, jim kecantikan, ha hikmah, kha kebaikan, dal dalil/petunjuk, dza kecerdasan, ra rahmah, za kesucian, sin kebahagiaan, syin syifaa(obat), shad kebenaran, dho cahaya, tho ketenangan, dzo keluasan, `ain ilmu, gho kekayaan, fa kemenangan, qo kedekatan, qaf kemuliaan, lam kelembutan, mim nasehat, nun cahaya, wa wushlah/sarana, ha petunjuk, ya keyakinan.
Yaa Allah berikanlah kami manfaat dengan Al Qur’an yang agung dan tinggikanlah derajat kami dengan ayat-ayat nya dan terimalah bacaan kami dan maafkanlah segala kesalahan, kelupaan, perubahan kalimat dari tempatnya, mengawalkan atau mengkahirkan, penambahan atau pengurangan, penafsiran yang tidak sesuai denga apa yang Engkau turunkan, keraguan atau sahwun, sui ilhanin, dan terburu-buru ketika tilawah, kemalasan atau kesesatan lidah, waqof (berhenti) bukan pada tempatnya, mengidghomkan (mendengungkan bacaan) yang bukan idghom, mengidzharkan (bacaan tanpa dengung) yang bukan idzhar, madd (memanjangkan bacaan), mentasydid, hamzah, atau sukun, i’rab yang bukan pada tempatnya, atau kurangnya rasa cinta dan senang terhadap ayat-ayat yang memeberi berita gembira, dan kurangnya rasa takut ketika membaca ayat-ayat ancaman, maka ampunilah kami ya Allah, dan jadikanlah kami sebagai oarang yang syahid.
Ya Allah terangilah hati kami dengan Al Qur’an, dan hiasilah akhlak kami dengan Al Qur’an, jauhkanlah kami dari api neraka dengan Al Qur’an, masukkanlah kami ke surgamu dengan Al Qur’an. Jadikanlah Al Qur’an sebagai teman di dunia, di dalam kubur sebagai penerang/teman , cahaya di atas titian (shirath), dan teman di dalam surga, dan penghalang dan hijab dari api neraka, sebagai petunjuk untuk segala kebaikan dan tetapkanlah kami dlm kesempurnaan , anugrahkan kepada kami kemudahan dlm mengamalkan Al Qur’an dgn hati dan lisan, senantiasa cinta kpd kebaikan, kebahagiaan, kegembiraan atau keindahan iman. Dan sholawat dan salam yg senantiasa tercurah kpd junjungan Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabat atas kebaikan akhlaq dan kelembutan budi pekertinya di atas cahaya arsy.
Aamiin yaa Rabbal ‘Alamiin.
Irfan Irawan
Irfan Irawan

I have graduated from NIIT-Telkom Center then continuing with Degree of Telkom Polytechnic Bandung, while working i've graduated from ISTN Jakarta. I Like of writing, researching something new and also documenting knowledge i've learned during work on multinational company. Absolutely, all of this must be shared to another ~the life means to reach the high end~ This is the meaning of my Moslem name "Irfan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar