Majelis Habib Ali Al Habsyi Kwitang - Khotmil Kitab Sahih Bukhori - Ahad 26 Mei 2013


Doa al Habib Abdurrohman bin Ali al Habsyi Kwitang, Khotmil Kitab Sahih Bukhori - Ahad 26 Mei 2013

1. Ceramah Habib Ahmad bin Novel Jindan - Manaqib Imam Bukhori
kwitang 26mei_manaqib imam bukhari_hb ahmad novel jindan.amr

- Kitab paling sohih dimuka bumi setelah Al Quran adalah Kitab Sohih Al Bukhori
Beliau adalah "Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrohim bin Mughiroh bin Badrdizbah Al-Ju’fiy Al-Bukhari   lahir setelah sholat jumat 1 syawal 194 H  di Bukhoro (rusia) jauh dari madinah. Beliau dididik  oleh orang tua yang sangat alim dan waro', ayah beliau waktu menjelang wafat berkata kepada sekelilingnya "aku tidak yang haram di rumahnya, tidak ada makanan kecuali makanan yang halal". Karena disebutkan dalam hadist orang yang memakan makanan halal mau tidak mau ketaatan bersamanya. Imam Bukhori sempat buta di umur 4 tahun, ibunya mennangis setiap malam, ibunda berdoa untuk anaknya, sehingga suatu malam bermimipi ketemu nabi Ibrahim, dan beliau  berkata "doamu diijabah Allah". Benar saja pas bangun Imam Bukhori kecil sudah sembuh. Kebiasaan beliau sewaktu kecil lainya adalah setiap pulang ngaji beliau minta didoain ibunya, "ibunda doakan saya supaya alim seperti imam ini, itu", dan ibunya mendoakan sehingga beliau menjadi pemimpin para auliya. di umur 9 tahun beliua sudah hafal lebih dari 300 ribu hadist. Suatu hari ada beberapa orang datang ke kampung imam Bukhori, dicarilah mana namanya bukhori, pas lagi main, dibicarain orang sekitar iya dia anak kecil itu sudah hafal 1000 hadist, Iman Bukhari kecil mendengar dan menmberitau salah, saya hafal 10.000 hadist sambil bercanda. Pernah lagi di majelis besar para muhadist, karena imam bukhori kecil hadir disana, guru tersebut mengabarkan hadist + sanad matan nya, imam bukhori tiba2 berdiri "yaa syaikh hadist itu salah, harusnya begini begini, jika tdak percaya, silahkan lihat di kitab", ternyata benar apa yang diceritakan tersebut, padahal beliau baru umur 11 tahun saat itu. Beliau adalah ayah bil hifidz (tanda-tanda kebesaran allah), pernah beliau masuk ke Baghdad, dites oleh para imam disana, dengan 10 orang menyampaikan 10 hadist yang sanad nya diacak, ibarat dibuat benang sekusut kusut nya, hadist pertama dibacakan Imam Bukhori jawab tidak tau, kedua tidak tau sampai ke 100. Para imam sedikit ragu, kemudian imam bukhori maju dan mambacakan hadist yang sanad nya diacak tadi, plus dengan hadist yang benar nya sampai dengan hadist ke100, beliau bacakan yang salah dan koreksinya. Sekali mendengar langsung hafal, pernah orang yang menayakan taukah engkau imam hadist ini? dibacakan dan dijawab Imam Bukhori tidak tau. Datang ke gurunya yang bertanya tadi gembira, malah disindir gurunya, kalo Imam Bukhori tidak tau itu bukan hadist berarti. 

Dahulu para mujahid sperti  Imam almujahid Salahudin al Ayubi, ketika melawan kafir di medan perang palestina, beliau memerintahkan panglima perangnya agar mengundang para imam dan orang soleh untuk membacakan kitab Imam Bukhori di tengah kemah peperangan dengan harapan diberi kemenangan dan memang menang dengan izin Allah SWT, semoga keberkahan untuk semua nya berkat pembacaan kitab dan khatam Sahih Bukhori ini. 

2.  Pembacaan Khotmil Kitab Sahih Bukhori - Ahad 26 Mei 2013
kwitang 26mei_Khatmil al Bukhori.amr

3. Ceramah KH. Syukur Ya'qub - Belajarlah dengan guru yang benar
kwitang 26mei_kh syukur ya'kub.amr

"salam ta'dzim terlebih untuk akhi fillah al habib abdurrohman bin ali alhabsyi, mata'anallahu bi tuli hayatih wakatsarallahu bi amsalih, kalo membaca Sahih Buhkori banyak syarah Bukhori, disamping menyempatkan pembacaan, insyaallah pada suatu saat ada pembahasan dengan terperinci. Sungguh sangat indah karena ini bahasa, bahasa Rasulullah SAW, anak-anak kita putra putri kita jangan sammpai buta akan ilmu hadist. Karena sesuai hadist sahih di Kitab Sahih Bukhori dari Miqdam bin ma'dikarim:

yusiku ayyauda rojulu minkum ala arikati wayakul yuhaddastu bihadist, baini wabainakum kitabakum al quran " : ditakutkan punya kedudukan tinggi pemimpin membawa hadist, antara aku dan kalian tidak ada hanya alquran 

Padahal alquran adalah apa yang kita dengar haram adalah haram, halal adalah halal, perlu ditekankan padahal hadist adalah pentafsir dan penjelas pertama adalah al-hadist.  Wapadalah sadaraku tipu daya yahudiyatul alamiyah untuk menghancurkan Aqidah umat islam dengan menghancurkan pemahaman hadist. 

4. Ceramah KH. Baidowie 
kwitang 26mei_kh baidowi.amr

5. Pembacaan Kitab Nasihuh Diniyah oleh Habib Ali bin Abdurrohman al Habsyi - Bab Meluruskan Niat
kwitang 26mei_hb ali bin abdurrohman alhabsyi.amr

Share:

0 comments