Majelis Habib Ali Al-Habsyi Kwitang: Fiqih Sholat dan Fiqih Qurban

Majelis Habib Ali Al-Habsyi Kwitang 28 September dan 12 Oktober 2014

Berikut audio ceramah yang diisi oleh para Habaib dan Guru yang hadir di Kwitang. Kitab an Nasaih ad-Diniyah karangan Habib Abdullah Alhadad pada tanggal 28 September 2014 Membahas tentang Fiqih Solat Sunah dan Fiqih Qurban. Al Habib Ali bin Abdurrahman menjelaskan diantaranya.


Ceramah Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi  
- Menunggu waktu solat setelah solat adalah termasuk dalam pahala sholat (mendekatkan diri kepada Allah) contohnya setelah solat maghrib ke isya. Tentunya hal demikian ini adalah dalam keaadan menunggu sholat berjamaah lebih afdhol. Karena Nabi Muhammad SAW dalam redaksi hadistnya selalu melaksanakan sholat fardu secara berjamaah. Imam Nawawi menghukumi solat berjamaah Fardu Kifayah dalam suatu negeri (harus ada yang solat berjamaah dalam satu negeri), Mazhab Syafii menghukumi sunnah muakadah.  

Tingkatan yang berhak menjadi Imam 
- Penguasa tertinggi negara 
- Imam Rawatib /Imam tetap 
- Tuan rumah 
- Orang alim 
- Orang yang fasih Alquran / qori 
- Orang zuhud 
- Orang wara' 
- Paling baik ahlaknya 
- Paling lama keislamannya / lebih tua 
- Mempunyai kedudukan lebih tinggi / ustad, habaib, kyai 
- Paling bersih pakaian, bersih suara, dll 
- Paling cantik istrinya (karena bisa menjaga pandangan)  

Datang lebih awal menunggu datang nya waktu solat, menunggunya adalah termasuk pahala solat Setelah solat tidak bergerak dalam tempatnya, malaikat akan mendoakanya sampai dia batal atau bersuara Rasulullah SAW bersabda: Akan kutunjukan padamu dengan nya itu Allah mengangkat kesalahanmu, yaitu menyempurnakan wudu (dikala waktu sangat dingin/ sangat panas) dan banyak melangkah ke masjid dan menuggu waktu solat. Sebisa mungkin jika memasuki masjid, lakukanlah solat tahiyatul masjid 2 rokaat seperti yang disunnahkan Rasulullah SAW  

Fiqih Qurban Puasa Hari Arofah  
Dipotong pada hari nahr (qurban) dan hari tasrik 
- Onta itu dijadikan untuk kamu banyak kebaikan, dan menyebutlah nama Allah ketika menyembelihnya. Akan datang hewan qurban pada hari kiamat itu dengan tanduknya dengan bulu2 dan kukunya dan pahalanya itu sudah sampai kepada yang berkurban itu sebelum disembelih  

Umur hewan qurban: 
1 memasuki 2 tahun untuk kambing, 
2 masuk 3 tahun untuk sapi dan untuk unta diatas 5 tahun  

Hari Tarwiyah Arafah itu : Berpuasa pada tarwiyah 8 dzulhijjah menghapuskan dosa 1 tahun yang lalu, dan puasa Arofah menghapus dosa 2 tahun (setahun yang lalu dan tahun depan) Puasa yang tidak pernah ditinggal oleh Rasulullah SAW : Puasa asyuro, puasa 1-8 dzulhijjah dan 3 hari di tiap bulan Karena nabi melarang yang melakukan wukuf untuk berpuasa (dihari arofah) siang hari Nabi diberi segelas susu dan beliau meminumnya. Puasa arofah lebih utama dari puasa asyuro  

Ceramah Habib Ahmad bin Novel bin Salim Jindan.  
Allah bersumpah wal fajr (waktu Fajar) bahwasanya 10 pertama di bulan dzulhijah merupakan karunia besar untuk umat. Banyak amalan yang bisa dikerjakan di bulan ini yang berpuasa dari hari pertama sampai ke 9, sedangkan 10 dan tasrik haram berpuasa karena hari itu adalah qudwah jamuan dari Allah. Atau paling tidak berpuasa pada hari Arofah tanggal 9, bahwasanya puasa hari ini adalah pengampunan dosa setahun yang lalu dan pengampunan yang akan datang. Ulama mengatakan terdaapt dua kabar gembira yaitu, pengampunan dosa 2 tahun, yang kedua insyallah panjang umur karena didoakan (jamin) bertemu hari arofah pada tahun yang akan datang Amalan selanjutkan adalah uthiyah / berkurban. hal ini adalah sunnah bagi yang mampu, Rasul bersabda : dihari raya idul adha tidak ada amalan yang paling dicintai Allah, kecuali ibadah qurban.. dan kelak qurban itu akan datang ke Allah lengkap untuk menjadi saksi, bahkan qurban itu bisa mengankat derajat orang tersebut sebelum darah nya sampai ke Allah. perbaguslah hewan qurban kalian, kasih yang terbaik yang paling bagus, sebab ini yang akan menyelamatkan kalian ketika melewati jembatan yg terbentang menuju surga. Imam Abdul Wahab assya'roni Hububul Muhamadiyah Hikmah dari berkurban tiap tahun nya, adalah menjaga dari bala musibah selama sat tahun, untuk itu minimal...setiap rumah (keluarga) melakukan potong satu qurban. Rasulullah SAW menganjurkan tidak memotong apapun dari dirinya dari awal dzulhijah sampai memeotong hewan qurban. Hal ini maksudnya karena akan diberi ampunan oleh Allah berikut juga rambut kuku dan lain sebagainya Waktunya dari setelah solat idul adha sampai terbenam matahari tanggal 13 dzulhijjah. Sehingga ulama bilang, kalo raya idul fitri untuk mengundur solat idul fitri supaya ada waktu luang untuk bayar zakat fitrah. Sedangkan idul adha sunahkan untuk mempercepat lebih pagi solat idul adha nya, supaya punya waktu yang banyak untuk ibadah potong qurban Sapi untuk satu orang lebih afdol dibandig kambing untuk satu orang, tapi sapi untuk 7 orang lebih utama qurban 1 kambing untuk satu orang. Rasulullah berqurban 2 kambing yang gemuk pada waktu itu, Daging qurban tidak boleh diberikan untuk selain muslim, tapi kalo terpaksa ada tetangga yg nonmuslim?, kalo terpaksa ya belikan kambing di pasar kasih ke tetangga tersebut. Jangan jadikan kulit, tanduk, kepala hewan atau apapun itu sebagai upah, kalau hanya dibagikan itu boleh selain untuk upah. 


Tuntunan Amalan hari Jumat
- tidak boleh seorang mukmin dalam keadaan tanpa udzur meninggalkan solat Jumat, sesuai yang mengenal firman allah dalam surat al-Jumah   

Apabila diserukan mamasuki solat jumat bersegeralah menuju solat jumat dan tinggalkan lah jual beli, semua itu lebih baik untukmu jika kamu mengetahui. 

Hari yang paling baik untuk mukmin adalah jumat, dimana diciptakan adam, dimasukan dan dikeluarkan dari surga di hari jumat, dan kiama hari jumat

Ada suatu kaum yang mengaku islam dan beriman dengan islam, mereka mendengar kalam dan sabda rasulullah tapi tidak solat jumat tanpa udzur atau dengan udzur yg tidak dibenarkan menurut allah dan rosulnya. maka sedapat mungkin melakasanakan solat jumat sebaik mungkin, untuk menujukan keimanan kita kepada allah swt .

banyak keutamaan di dalam hari dan solat jumat, diantara ada satu kesempatan waktu doa yang mustajabah, banyak ulama yang menyebutkan waktu tersebut 

Tuntunan sunah di hari jumat adalah
- pergi ke masjid di awal waktu sesuai dengan hadist nabi ibarat mendapatkan pahala qurban unta, selanjutnya sapi, selanjutnya kambing, selanjutnya ayam, dan terahir ibarat pahala telur
- mandi pada jumat wajib bagi mukallaf (yang sudah pernah mimpi basah)
- memakai pakai yang berwarna putih bersih,  atau baru dan memakai wewangian
- sampai kemasjid solat sunah 4 rokaat, 
- jgn melangkahi sodara yang sudah dahulu datang
- berjalan ke masjid sunah mengambil jalan yang jauh dan pulang ke arah yang dekat
- sunah potong kuku, dlsb
- banyak bersholawat kepada nabi, karena apabila bersholawat pada nabi pada malam jumat akan mendapatkan syafaat dari nabi muhammad saw.
- dianjurkan tidak bersuara gerak ketika kutbah kalau tidak pahala jumat akan terbuang sia-sia

perlu dicamkan, sesuai sabda rasulullah tidaklah dia itu melanggar solat jumat tanpa udzur kecuali orang munafik atau murtad, atau menyalahkan sesuatu yang benar (haq), keluar dari hatinya itu cahaya nur Allah, dan tidaklah mendapat kemuliaan dan keagungan kecuali kita melaksanakannya secara istiqomah. Kalupun ketika kita sering meninggalkan solat jumat pastilah tidak dijaminkan keselamatan dan keberkahan dari Allah swt.


Ceramah Ustad Hafidz Luqman
Solat jumat harus dihadiri minimal 40 orang dan penduduk setempat dan semuanya laki-laki. Jumat itu sholat yang diawali dengan khutbah, sepanjang hidup nabi beliau khutbah dengan ringkas dengan suara yang lantang dan memperpanjang sholatnya, lain dengan sekarang kebalik.

Jumat itu ada saat yang mustajab untuk berdoa, 

Allah memerdekakan 600.000 nama para calon penduduk neraka di hari jumat, untuk siapa? untuk yang memuliakan hari jumat

yang diajurkan datang duluan itu adalah jamaah, dan sunah bagi khotib di akhir waktu, yang paling depan disunahkan yang berpakaian putih, pakailah wewangian, gunting kuku sesuai sunah.

Jumat apabila kerjakan solatnya, maka allah berikan pahala yang berlipat ganda, bahkan sesuai sabda nabi " barang siapa yang mati di hari jumat akan dicatet pahala seperti orang yang mati syahid (bagi orang beriman, dan tindakan nya)


Dikhutbah kedua (baca ya ghoniyu yaa mughni 40x ..per 10x +ighnini..). Ada riwayat dimana Onta begitu nabi naik kepundak unta tersebut, si onta bergoyang saking seneng dan cintanya kepada Rasulullah SAW. Aneh di Jawa timur sapi ngamuk pas mau dipotong, di madura tukang jagal mati kena pisaunya sendiri. Nabi saking sayang dengan semua mahluk, ada mukzizat nabi memanggil pohon, ada yahudi yang menantang beliau untuk manggil pohon, rasul berdoa dan memanggil pohon "khuud", si yahudi bilang sihir ini, nabi bilang ini bukan sihir itu karena aku cinta ama pohon itu dan dia juga cinta kepadaku, aku akan masuk islam kalo bisa balikan pohon ke tempatnya, dan ditepati oleh beliau. Dan ditanya balik oleh nabi?, apakah jadi masuk islam?, bentar saya pikir2 dulu kata yahudi

Ingat sodara kafir itu ada dua jenis kafir dzimmi dan kafir harbi, kalo yang baik bertetangga, menngantar jenazah sodara yang meninggal, sering bantu apa-apa kepada muslim itu namanya dzimmi dan haram darah nya , siapa yang mengganggu dia berarti mengganggu rasulullah saw. Sebaliknya kafir harbi, yang keras kepada islam terang2an memerangi islam, itu yang harus diperangi.

Khutbah jumat itu mengganti 2 rokaat dzuhur, makanya jangan tidur apalagi ngeces, itu hakikatnya sudah batal. Jumat itu perbanyak solawat kepada nabi, jangan bergerak atau bersuara (faman takallama faqod lagoud), jika dilanggar batal solat jumat kita. Maka disunahkan cari khotib yang muda yang suaranya tegas bagus, lebih baik lagi yang sepuh tapi masih fasih dan tegas suaranya. 

Dan tuntunan nabi itu masjid ada di tengah2 kampung bikin yang besar dan dimakmurkan. bukan hanya memakmurkan masjid nya, yang memakmurkan masjid nya juga harus dimakmurkan (merbot) bukan hanya di bulan puasa saja jelang lebaran. 


Ceramah Habib Jindan

Menurut mazhab syafii haram melakukan perjalan di pagi hari di hari jumat kalau kwatir tidak kebagian solat jumat. Jumat adalah undangan jamuan dari allah, sesuai ayat al jumah diatas. apabila dikumandangkan ajakan mendirikan sholat di hari sjumat, maka bersegeralah untuk menuju dzikir (sholat jumat)  

Hendaknya setiap muslim mengkhususkan hari jumat untuk masalah akhirat, ulama bilang abis subuh sampe dhuhur dibagi 5 waktu (hadist pahala seperti qurban sapi diawal waktu, ..), makanya di hadramaut dari jaman dahulu sampai membawa obor untuk bisa mengunjungi

baca surat alkahfi seperi sunah nabi, dianjurkan 3 kali, malam jumat, abis subuh, dan dalam perjalanan ke masjid. imam jazuli, dalam kitab dalailul khoirot pembagian solawat tiap harinya. Namun anehnya indonesia muslim terbesar dunia namun ketika jumat jalanan dan mall masih penuh, macet? ini yang membikin bala dan musibah.. bersegeralah kepada menuju jumat, lebih baik dari apapun kalo manusia mengetahuinya. Ada satu waktu dimana dia berdoa saatun ijabah, makanya banyak ulama mencari waktu tersebut ada yang bilang ketika khotib mau naik mimbar, diantara dua khitbah, turun mau solat, ada yang mengatakan abis ashar sampai magrib sesuai riwayat dari Aisyah ra, yang diikuti oleh lebih dari 30 sahabat yang berkholwat untuk beribadah berdizikir dan lain sebagainya diwaktu itu.

Bahkan ada sebagian ulama mazhab 4, hari jumat lebih mulia dari lailatul qodar, makanya sunnah kan dianjurkan oleh imam ghozali ketika jumat fokus untuk ibadah, jangan sibuk dengan cucian, setrika atau pun urusan dunia lainnya. Dulu para ulama salaf mendahulukan makan sebelum jumat, untuk fokuskan setelah solat jumat untuk taklim, sampai ashar, lanjut sholat setelahnya lanjut dzikir sampai menunggu magrib lanjut dzikir sampai selesai solat isya. Carilah anugrah di hari jumat ini.

Semangat manusia sekarang seperti kalam ulama: humumuhu humuh filadzatil farji wal aqli wafijafsimalih  fahua faqrin "semangat mereka hanya bagaimana memikirkan perut, memuaskan syahwat dan mengumpulkan harta sebanyak takut faqir dan miskin tapi tidak takut dosa"

Share:

0 comments