Rekam Sejarah dan Perkembangan TV Kabel - Al-Muhibbin Indonesia

Al-Muhibbin Indonesia

Berbagi ilmu melalui catatan kuliah, catatan kerja dan Kajian Islam Ahlussunah Waljamaah.

Breaking

Jumat, 15 Mei 2015

Rekam Sejarah dan Perkembangan TV Kabel

Perkembangan TV Kabel di Indonesia sudah sangat pesat banyak provider yang menawarkan kelebihannya masing-masing. Salah satunya adalah brand First Media yang sama kita ketahui, menggunakan teknologi HFC (Hybrid Fiber Coaxial)  dan menawarkan Layanan TV Kabel dan Internet dalam satu tagihan yang mereka sebut sebagai paket Combo, dan variant nya juga bermacam-macam silahkan kunjungi www.firstmedia.com lebih detailnya. Ada juga provider yang menggunakan media parabola namun tidak bisa internetan (Indovision, Transvision, Orange TV, dll), dan ada juga provider lain yang menggunakan media Fiber to The Home (FTTH) sebagai media transmisi nya semisal brand IndiHome, Innovate, dll.  

Bukan point persaingan bisnis nya yang coba saya bahas, akan tetapi akan saya kupas awal mula penemuan CATV ini sehingga bisa berkembang pesat dan diaplikasikan di seluruh dunia, coba kita simak.

Lebih dari setengah abad yang lalu, satu teknologi dikembangkan dan diperkenalkan di Pennsylvania yang telah memberikan hiburan, pendidikan dan informasi untuk puluhan juta orang Amerika. Apa yang dimulai sebagai layanan Community Antenna Television (CATV) lokal untuk meningkatkan penerimaan sinyal siaran over-the-air telah berubah menjadi 24/7 pipa dari layanan video, data dan suara yang menikmati delapan dari sepuluh rumah tangga Pennsylvania. Televisi kabel, secara resmi dikenal sebagai CATV, lahir di pegunungan Pennsylvania di akhir 1940-an. Pada saat itu, hanya ada beberapa stasiun televisi, sebagian besar terletak di kota-kota besar. Orang-orang yang tidak tinggal di kota, atau di lokasi di mana sinyal dapat diterima dengan mudah, tidak dapat menonton televisi.

John Walson, pemilik toko alat di kota kecil Mahanoy City (Schuylkill county), mengalami kesulitan menjual televisi kepada warga setempat karena penerimaan di daerah sangat miskin. Masalahnya adalah lokasi kota di lembah hampir 90 mil udara dari pemancar televisi Philadelphia. Tentu, sinyal tidak bisa melewati gunung dan penerimaan yang jelas adalah hampir tidak mungkin, kecuali pada punggung luar kota. Untuk mengatasi masalah penerimaan, Bapak Walson - pada Juni 1948 - menempatkan antena di atas sebuah gunung di dekatnya. Sinyal televisi diterima dan ditransmisikan ke twin-lead antena kabel langsung ke tokonya. Setelah warga setempat melihat hasil awal, penjualan televisi melonjak. Walson bekerja untuk meningkatkan kualitas gambar dengan menggunakan kabel koaksial dan self-manufacturing "penguat" (amplifier) ​​untuk membawa CATV ke rumah pelanggan yang membeli televisi. Di Mahanoy City, Pennsylvania, televisi kabel lahir.

Milton Jerrold Shapp, yang kemudian terpilih menjadi gubernur Pennsylvania selama tahun 1970, mengembangkan master sistem televisi antena untuk menghilangkan hutan antena untuk kota department store dan bangunan apartemen. Sistem Mr. Shapp yang digunakan koaksial kabel dan sinyal booster, mampu membawa beberapa sinyal sekaligus.


Pada waktu yang sama di kota terdekat dari Lansford, salesman alat lain bernama Robert Tarlton mengalami masalah yang sama seperti Mr. Walson. Dia membaca tentang sistem baru Mr. Shapp beranggapan bisa diaplikasikan untuk area rumah apartemen dan department store. Mr Walson di awal 1950-an dan kemudian pemilik sistem lain seperti Joseph Gans dari Hazleton dan Claude Reinhard dari Palmerton segera mulai bereksperimen dengan microwave untuk membawa sinyal dari kota yang jauh. Sistem Pennsylvania yang hanya memiliki tiga saluran - satu untuk setiap jaringan - segera memiliki enam, tujuh atau lebih saluran sebagai operator diimpor program dari stasiun independen di New York dan Philadelphia. Karena banyak nya peminat dikalangan pemirsa, experiment berlanjut, dan ditemukan media kabel menjadi lebih menarik. Akhirnya mereka pindah ke kota mendirikan perusahaan dengan hasil penerimaan yang lebih jelas (bebas dari bayangan yang disebabkan oleh sinyal terpantul bangunan di pusat kota) dan lebih banyak pilihan tampilan.

Antena Besar yang didirikan Jhon Walson pada tahun 1948,  3 tahun setelah Indonesia Merdeka.
jhon walson
Jhon Walson Penemu TV Kabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar