5 Plugin Keren & Menarik Moodle

Huruf M di Moodle singkatan dari Modular, salah satu keuntungan dan kelebihan dari Moodle adalah banyaknya fitur-fitur standar atau banyak Plugin yang bisa didapatkan Gratis.

Berikut saya coba review beberapa Plugin yang bisa mempercantik dan memperkuat fitur website Anda, dan beberapa diantaranya mungkin baru Ngeeh, kok ternyata fitur tersebut ada di Moodle.

Quick overview di Quiz
Enaknya di Moodle, Plugins directory sangat terorganisir terutama bagi Anda yang biasa menggunakan Quiz module sebagai bahan kegiatan website e-Learining. Mudah bagi Anda untuk mengubah question types, formats, reports and more yang berbeda. Tahu gak? semisal sebagai admin kamu bisa mensyaratkan student untuk agree kondisi tertentu sebelum dia Login mengerjakan quiz, atau sejenis assignments? Jawabanya adalah Bisa! silahkan berkunjung ke link berikut “honesty check” quiz access rule plugin.

Memperkuat wewenang Teacher dengan Availability conditions
Improvisasi terbaru dari Moodle adalah availability conditions, dengan kata lain jika pengunjung dari berbagai negara mereka bisa memilih bahasa yang akan digunakan dalam sesi course yang dia ikuti. Restriction by language plugin menyediakan fitur tersebut, baca selengkapnya pada link availability condition plugins here.

Update course format
Banyak pengguna Moodle menggunakan standard weekly atau topics course format, tetapi tahukan bahwa mereka bisa masuk dalam kelas seperti halnya kometar di Facebook?, di Moodle bisa ! Silahkan install plugin nya pada link berikut Socialwall course format. Explorasi lebih jauh pada link  contributed course formats here.



Gamification untuk menarik minat pengunjung  
Sejauh ini proses belajar e-Learning semakin banyak berubah, semakin mudah dan menarik untuk diikuti salah satu plugin yang bisa menjawabnya adalah  Level Up! block, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menarik, jika mereka sering berinteraksi di website anda, makan level nya akan semakin meningkat. Mirip Kaskus lah, ada istilah Kaskus Geek, Newbie, dll. Plugin lainnya adalah handy blocks here.




Ada yang lain?
‘local plugin’ banyak yang tidak sesuai diimplementasikan pada beberapa quiz atau block. Kamu tau? local plugin Moodle welcome plugin bisa mengirimkan welcome message kepada user baru yang mendaftar di Website anda? Moderator bahkan bisa menambahkan komentar atau note tertentu agar pengunjung antusias mengikuti course program e-Learning yang anda buat. Menarik kan?

Share:

0 comments