Selasa, 31 Mei 2016

Mengenal Moodle lebih dalam

Penggunaan LMS (Learning Management System) sebuah modular Opensource yang menyediakan berbagai fitur menarik untuk digunakan dalam pengaplikasian e-Learning, salah satu yang populer adalah Moodle. Moodle paling populer dan banyak sekali update dan support dari para programmer yang terbagung seluruh dunia mengembangkan berbagai macam fitur, plugin, dan security update secara berkala.


Dulu saya pernah menggunakan Moodle versi 1.9 dan sampai sekarang sudah ada version stable 3.1, pastinya akan ada versi lainnya. Untuk memeriksa versi terbaru Moodle silahkan ke https://download.moodle.org/

Banyak hal yang mungkin temen-temen belum mengetahui fitur-fitur unik dan menarik dari Moodle. Untuk mendukung Website e-Learning menjadi lebih powerful  dan menarik. Salah satunya yang paling populer adalah meng-Gamify-kan Moodle. Apa itu Gamify atau populer dengan istilah Gamification ?. Gamification sendiri adalah sebuah metode memasukkan peraturan dan logika bermain game pada proses pembelajaran, agar pengguna merasa antusias dan semangat selayaknya bermain game, namun itu semua terintegrasi dalam sebuah e-Learning system. Akan ada badges, leaderboard, pencapaian level tertentu, atau bahkan pengumpulan point digital yang bisa ditukarkan dengan "hadiah" dari si pengelola Website. Menarik bukan?

Saya berikan contoh website Moodle yang sudah menggunakan logika Gamification,


  1. http://www.healthmonth.com/ -- Menyediakan tantangan game diet atau pola hidup sehat, Free !
  2. Bahkan banyak yang menyediakan versi Enterprise business alias berbayar. Misalkan http://www.comarch.com/ dan https://www.knolskape.com/
Ternyata banyak yang bisa dilakukan oleh Moodle  !
Silahkan coba sendiri Integrasikan Moodle dengan logic Gamification
Selamat mencoba
Irfan Irawan
Irfan Irawan

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar