Majelis Al-Kisa' Watubelah - Cirebon - Al-Muhibbin Indonesia

Al-Muhibbin Indonesia

Berbagi ilmu melalui catatan kuliah, catatan kerja dan Kajian Islam Ahlussunah Waljamaah.

Breaking

Rabu, 05 Oktober 2016

Majelis Al-Kisa' Watubelah - Cirebon

Bismillah,


Mukoddimah
Saat ini sangat diperlukan website keilmuan yang otentik, lugas, tegas namun tetap santun, mengedepankan ahlak, humanis, toleran dan damai dalam penyampaian ajaran ataupun faham. Dalam ensiklopedia Islam disebutlah istilah Islam yang Rohmatan Lil 'Alamin. Alhamdulillah sejak lahir saya dan beberapa kolega yang berdomisili di Cirebon mengenal Islam yang sejuk damai tersebut, Islam ahlussunnah wal jamaah. Dari banyak Pondok Pesantren yang tersebar di Cirebon, yang sangat menarik dikunjungi adalah Pondok Pesantren Al-Khairiyyah - Watubelah, yang diasuh oleh Al-Habib Miqdad bin Gasim Baharun. Khalayak ramai mungkin lebih familiar dengan Sebutan Majelis Al-Kisa'.

Mengenal Makna Lambang Al-Kisa'
  1. Bola dunia, dengan warna hijau adalah syi’ar ahli surga yang selaras dengan kesejukan, kedamaian dan ketentraman.
  2. Al kisa’ diambil dari kalimat ahlul kisa’ yang maknanya adalah ahlul bait atau keluarga Nabi Muhammad saw.   Tulisan al kisa’ tertulis dengan warna hitam simbol kerendahan hati dan kesederhanaan hidup, garis tepi putih simbol kesucian dan kebersihan, tulisan al kisa’ melintang sepanjang lebar bola dunia simbol pemersatu umat dan penjaga stabilitas serta keamanan dunia sepanjang masa, pengawalan empat khalifah Rasul saw ( Syd. Abu bakar, Syd. Umar, Syd. Utsman, dan Syd. Ali.ra ) sebagai pewaris khilafah atau tonggak kepemimpinan islam yang sah menurut aqidah ahlis sunnah wal jamaah memberikan ma’na kedekatan, kecintaan dan rasa hormat seluruh sahabat terhadap ahlul bait atau keluarga Nabi saw.
  3. Adapun Bintang lima memiliki makna :

  • 5 anggota Ahlul kisa’ atau ahlul bait, dalam hal ini adalah Nabi Muhammad saw, Siti Fatimah   Az Zahra, Syd. Ali bin Abi Thalib, Syd. Hasan dan Syd. Husain ra
  • Bintang lima memiliki ma’na, Nabi saw dan empat kitab samawi yaitu Kitab Zabur, Kitab Taurat, Kitab Injil dan Al Qur’anul Karim.
  • Bintang lima memiliki ma’na, Nabi saw dan empat khalifah Rasul saw  yaitu Syd. Abu bakar , Syd. Umar , Syd. Utsman dan Syd. Ali.ra.
  • Bintang lima memiliki ma’na, Nabi saw dan Imam empat madzhab yaitu Imam Malik, Imam Hanafi, Imam Syafi’i dan Imam Hanbali ra.
  • Bintang lima memiliki ma’na, Nabi saw dan empat wali qutub yaitu Syekh Abdul Qadir Al Jailani, Sayyid Ahmad Al Badawi, Sayyid Ahmad Al Rifa’i dan Sayyid Ibrahim Al Dasuqi. ra.
  • Bintang lima memiliki ma’na, Nabi saw dan empat sumber hukum dalam agama islam yaitu Al Qur’an, Hadits, Ijma’, dan Qiyas.





Kunjungi juga Youtube Channel Official Majelis Al-Kisa' (Klik Link Berikut)

Youtube Channel Majelis Al-Kisa'

Beberapa Screenshoot kegiatan beliau, dari koleksi pribadi dan dirangkum dari beberapa website

Pembukaan Majelis Al-Kisa Jakarta 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar